Translate

Translate

Translate

Sabtu, 06 Agustus 2011

PENULISAN PROPOSAL (PTK)


OLEH-OLEH PLPG ANGKATAN 3 AGUSTUS  2011
JUDUL
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan :
Judul hendaknya dinyatakan dengan akurat dan padat permasalahan serta bentuk tindakan yang dilakukan peneliti sebagai upaya pemecahan masalah. Formulasi judul hendaknya singkat, jelas, dan sederhana namun jelas tersirat.
      
        A. Latar Belakang Masalah
Dalam latar belakang permasalahan menguraikan urgensi penanganan permasalahan yang diajukan melalui identifikasi masalah. Sebaiknya didukung dengan fakta yang relevan sesuai dengan tema/judul, baik yang berasal dari pengamatan selama ini maupun dari kajian pustaka. 

     1.    Pentingnya saudara mengangkat judul tersebut :
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Hasil identifikasi masalah yang berkaitan dengan tema/judul penelitian :
a.    …………………………….. …………………………………………
b.   ..……………………………………………………………………….

2.            Data/fakta yang dapat menguatkan hasil identifikasi masalah :
  •  -------------------------------------------------------------------------------
  • --------------------------------------------------------------------------------.
    3.            Metode untuk menyelesaikan masalah tersebut :
    • ---------------------------------------------------------------------------------
    4.      Apa yang diharapkan dari penyelesaian masalah tersebut :
    •  -------------------------------------------------------------------------------
    • -------------------------------------------------------------------------------. 
    B. Rumusan Masalah  
    Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah
    1.  -----------------------------------------------------------------------------------
    2. ------------------------------------------------------------------------------------
      Catatan :
      • Rumusan masalah merupakan permasalah utama yang akan diselesaikan/dipecahkan.
      • Rumusan masalah dibuat dalam kalimat tanya
            C. Cara Pemecahan Masalah
      Berdasarkan latar belakang masalah dan rumusan masalah yang akan dipecahkan, maka alternative pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah 
      1.  -----------------------------------------------------------------------------------
      2. ------------------------------------------------------------------------------------

      Catatan :
      Ø  Uraikan  cara untuk memecahkan masalah yang dihadapi/diajukan dalam rumusan masalah seperti yang telah ditulis ? berikan . Alternatif pemecahan masal.  
      Ø  Pemecahan masalah hendaknya mempunyai landasan konseptual yang mantap yang bertolak dari hasil analisis masalah.
      Ø  Disamping itu, juga harus terbayangkan kemungkinan kemanfaatan hasil pemecahan masalah dalam rangka pembenahan dan/atau peningkatan implementasi program pembelajaran dan/atau berbagai program sekolah lainnya.
       D. Tujuan Penelitian  
       Tujuan penelitian ini adalah;
      1.  -----------------------------------------------------------------------------------
      2. ------------------------------------------------------------------------------------

      Catatan :
      Ø  Tujuan PTK hendaknya dirumuskan untuk mempertegas target/sararan tindakan perbaikan.
      Ø  perumusan tujuan harus konsisten dengan rumusan masalah yang dikemukakan. 

       E. Manfaat Penelitian  
       Manfaat penelitian ini adalah :  
      1.  -----------------------------------------------------------------------------------
      2. ------------------------------------------------------------------------------------

      Catatan : Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru dan komponen pendidikan. Kemukakan inovasi yang akan dihasilkan penelitian ini.


      BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN

      Pada bagian ini diuraikan landasan substantive dalam arti teoritik dan/atau metodologik yang dipergunakan peneliti dalam menentukan alternative, yang akan diimplementasikan. Untuk keperluan itu, dalam bagian ini diuraikan kajian baik pengalaman peneliti pelaku PTK sendiri nyang relevan maupun pelaku – pelaku PTK lain disamping terhadap teori – teori yang lazim termuat dalam berbagai kepustakaan. Argumentasi logic dan teoretik diperlukan guna menyusun kerangka konseptual. Aras kerangka konseptual yang disusun itu, hipotesis tindakan dirumuskan.
      Apa isi Teori :
      1. Landasan teoritik dari setiap variable yang akan pecahkan
      2. Argumentasi logic/konseptual dari metode/strategi untuk memecahkan masalah

      BAB III METODE PENELITIAN 

      A. RENCANA PENELITIAN

      Setting penelitian dan karakteristik subjek penelitian
      Pada bagian ini disebutkan di mana penelitian tersebut dilakukan, di kelas berapa dan bagaimana karakteristik dari kelas tersebut seperti komposisi siswa pria dan wanita. Latar belakang sosial ekonomi yang mungkin relevan dengan permasalahan,tingkat kemampuan dan lain sebagainya. Aspek substantive permasalahan seperti Matematika kelas II SMPLB atau bahasa inggris kelas III SMLB, juga dikemukakan pada bagian ini


      Variabel yang diselidiki
      Pada bagian ini ditentukan variabel – variabel penelitian yang dijadikan titik – titik incar untuk menjawab permasalahan yang dihadapi. Variabel tersebut dapat berupa (1) variabel input yang terkait dengan siswa, guru, bahan pelajaran, sumber belajar, prosedur evaluasi, lingkungan belajar, dan lain sebagainya; (2) variabel proses pelanggaran KBM seperti interaksi belajar-mengajar, keterampilan bertanya, guru, gaya mengajar guru, cara belajar siswa, implementasi berbagai metode mengajar di kelas, dan sebagainya, dan (3) varaibel output seperti rasa keingintahuan siswa, kemampuan siswa mengaplikasikan pengetahuan, motivasi siswa, hasil belajar siswa, sikap terhadap pengalaman belajar yang telah digelar melalui tindakan perbaikan dan sebagainya.


      Rencana Tindakan
      Pada bagian ini digambarkan rencana tindakan untuk meningkatkan pembelajaran, seperti :
      Perencanaan, yaitu persiapan yang dilakukan sehubungan dengan PTK yang diprakarsai seperti penetapan entry behavior. Pelancaran tes diagnostic untuk menspesifikasi masalah. Pembuatan scenario pembelajaran, pengadaan alat–alat dalam rangka implementasi PTK, dan lain–lain yang terkait bdengan pelaksanaan tindakan perbaikan yang telah ditetapkan sebelumnya. Disamping itu juga diuraikan alternative–alternative solusi yang akan dicobakan dalam rangka perbaikan masalah. Format kemitraan antara guru dengan dosen LPTK juga dikemukakan pada bagian ini.

      Implementasi Tindakan yaitu deskripsi tindakan yang akan di gelar. Scenario kerja tindakan perbaikan dan prosedur tindakan yang akan diterapkan.
       

      Observasi dan Interpretasi yaitu uraian tentang prosedur perekaman dan penafsiran data mengenai proses dan produk dari implementasi tindakan perbaikan yang dirancang.
      Analisis dan Refleksi yaitu uraian tentang prosedur analisis terhadap hasil pemantauan dan refleksi berkenaan dengan proses dan dampak tindakan perbaikan yang akan digelar, personel yang akan dilibatkan serta kriteria dan rencana bagi tindakan daur berikutnya. 

      B.  Teknik Pengumpulan Data

      Pada bagian ini ditunjukkan dengan jelas jenis data yang akan dikumpulkan yang berkenaan dengan baik proses maupun dampak tindakan perbaikan yang di gelar, yang akan digunakan sebagai dasar untuk menilai keberhasilan atau kekurangberhasilan tindakan perbaikan pembelajaran yang dicobakan. Format data dapat bersifat kualitatif, kuantitatif, atau kombinasi keduanya.

      Di samping itu teknik pengumpilan data yang diperlukan juga harus diuraikan dengan jelas seperti melalui pengamatan partisipatif, pembuatan juranal harian, observasi aktivitas di kelas (termasuk berbagai kemungkinan format dan alat bantu rekam yang akan digunakan) penggambaran interaksi dalam kelas (analisis sosiometrik), pengukuran hasil belajar dengan berbagai prosedur asesmen dan sebagainya.selanjutnya dalam prosedur pengumpulan data PTK ini tidak boleh dilupakan bahwa sebagai pelaku PTK, Para guru juga harus aktif sebagai pengumoul data, bukan semata–mata sebagai sumber data.

      Akhirnya semu teknologi pengumpulan data yang digunakan harus mendapat penilaian kelayakan yang cermat dalam konteks PTK yang khas itu. Sebab meskipun mungkin saja memang menjanjikan mutu rekaman yang jauh lebih baik. Penggunaan teknologi perekaman data yang canggih dapat saja terganjal keras pada tahap tayang ulang dalam rangka analisis dan interpretasi data.
       
      C. Indikator kinerja
      Pada bagaian ini tolak ukur keberhasilan tindakan perbaikan ditetapkan secara eksplisit sehingga memudahkan verifikasinya untuk tindak perbaikan melalui PTK yang bertujuan mengurangi kesalahan konsep siswa misalnya perlu ditetapkan kriteria keberhasilan dalam bentuk pengurangan (jumlah jenis dan atau tingkat kegawatan) miskonsepsi yang tertampilkan yang patut diduga sebagai dampak dari implementasi tindakan perbaikan yang dimaksud.

      Tim peneliti dan tugasnya
      Pada bagian ini hendaknya dicantumakan nama–nama anggota tim peneliti dan uraian tugas peran setiap anggota tim peneliti serta jam kerja yang dialokasikan setiap minggu untuk kegiatan penelitian.

      JADWAL PENELITIAN
      Jadwal kegiatan penelitian disusun dalam matriks yang menggambarkan urutan kegiatan dari awal sampai akhir.


      RENCANA ANGGARAN

      Komponen – komponen pembiayaan
      Rencana anggaran meliputi kebutuhan dukungan financial untuk tahap persiapan pelaksanan penelitian, dan pelaporan.
      Secara lebih rinci, pembiayaan yang termasuk dalam setiap bidang adalah sebagai berikut :

      Persiapan
      Kegiatan persiapan antara lain meliputi pertemuan anggota tim peneliti untuk menetapkan jadwal penelitian dan pembagian kerja, menyusun instrument penelitian, menetapkan format pengumpulan data, menetapkan teknik analisis data, dan sebagainya.

      Kegiatan operasional di lapangan
      Dalam kegiatan operasional dapat tercakup antara lain pelancaran tes diagnostic dan analisis hasilnya, gladi resik implementasi tindakan, perbaikan, pelaksanaan tindakan perbaikan, observasi dan interpretasi pelaksanaan tindakan perbaikan, pertemuan refleksi, perencanaan tindakan ulang, dan sebagainya.

      Penyusunan Laporan Hasil PTK
      Pembiayaan yang termasuk dalam bagian ini adalah penyusunan konsep laporan, review konsep laporan, penyusunan konsep laporan akhir. Seminar local hasil penelitian, seminar nasional hasil penelitian, dan sebagainya. Juga termasuk dalam pembiayaan adalah penggandaan dan pengiriman laporan hasil PTK, serta pembuatan artikel hasil PTK dalm bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

      Cara Merinci Kegiatan dan Pembiayaan
      Biaya penelitian harus dirinci berdasarkan kegiatan operasional yang dijabarkan dari metodologi yang dikemukakan. Agar dapat dihitung biayanya, kegiatan operasional itu harus jelas namanya, tempatnya, lamanya, jumlah pesertanya. Sarana yang diperlukan dan output yang diharapkan.

      written by: R-diani

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar